Pages

Sunday, January 6, 2019

Donald Trump dan Kim Jong-un Akan Kembali Bertemu, Lokasinya Belum Ditentukan

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa pihaknya tengah bernegosiasi dengan Korea Utara tentang lokasi penyelenggaraan KTT selanjutnya antar kedua pemimpin negara.

Trump mengatakan kepada wartawan di Washington DC bahwa "dialog yang baik" sedang berlangsung dengan Korea Utara, tetapi sanksi terhadap Pyongyang akan tetap ada, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Senin (7/1/2019).

Sementara itu, Donald Trump mengatakan pada pekan lalu bahwa dia telah menerima "surat yang bagus" dari Kim Jong-un, meskipun dia tidak mengungkapkan isinya.

"Kami sedang merundingkan lokasi," katanya kepada wartawan di Gedung Putih, Minggu 6 Januari.

"Akan diumumkan mungkin dalam waktu dekat. Mereka ingin bertemu dan kita menginginkan hal serupa. Kita lihat apa yang akan terjadi," lanjut Trump tidak menjelaskan lebih rinci progresnya.

Donald Trump juga mengatakan bahwa AS telah menjalin "dialog yang sangat baik" dengan Korea Utara, dan dirinya mengaku akan sangat terbuka untuk mengadakan pertemuan lanjutan guna membahas perdamaian, baik di Semenanjung Korea maupun global.

Meski begitu, Trump kembali menegaskan bahwa sanksi AS akan tetap berlaku "dalam kekuatan penuh" hingga terlihat hasil positif yang dilakukan oleh Korea Utara.

Sebagaimana diketahui, Donald Trump telah bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada 12 Juni lalu di Singapura, di mana hal itu merupakan pertemuan pertama dalam sejarah yang dilakukan oleh presiden AS.

Di sana, kedua pemimpin menandatangani perjanjian untuk bekerja menuju denuklirisasi penuh di Semenanjung Korea. Tetapi kesepakatan tersebut tidak termasuk garis waktu, detail atau mekanisme apa pun untuk memverifikasi proses itu.

Simak video pilihan berikut: 

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un mengancam Presiden AS Donald Trump melalui video yang ia unggah di awal tahun 2019.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3864576/donald-trump-dan-kim-jong-un-akan-kembali-bertemu-lokasinya-belum-ditentukan

No comments:

Post a Comment