Pages

Wednesday, March 6, 2019

Sambut ITB Berlin 2019, Bus-Bus Wonderful Indonesia Kuasai Ibu Kota Jerman

Liputan6.com, Jakarta Beginilah gaya Menpar Arief Yahya dalam membungkus event paling impresif dunia, dengan promosi efektif Wonderful Indonesia. Sehari sebelum ITB Berlin 2019, pameran pariwisata terbesar dunia dihelat di Berlin ExpoCenter City, Messedamm 22, bus-bus yang keliling tempat-tempat iconic sudah dibranding Wonderful Indonesia.

Bus bus berlogo Wonderful Indonesia berseliweran di Berlin. Ada yang bergambar Borobudur Joglosemar, Pink Beach Komodo Labuan Bajo NTT, Gebogan Bali, Gandrung Sewu Banyuwangi, Bromo Jatim, Raja Ampat Papua Barat, Wae Rebo NTT, Pulau Padar NTT, Danau Toba Sumut. “Bus-bus dengan desain destinasi wisata Indonesia itu menjadi objek foto-foto dan viral di media sosial,” kata Menpar Arief Yahya.

Arief Yahya juga sempat keliling kota, untuk merasakan desain-desain bus itu. Hasilnya? “Bagus. Impresif. Lihat foto-fotonya deh, banyak orang yang selfie dengan background bus itu,” ungkap Menpar Arief saat turun di depan Brandenburg Tor dan Tiergarten.

Poin utamanya, kata Menpar Arief Yahya, langkah ini untuk mencuri perhatian pada mayoritas industri pariwisata dunia yang sedang berkumpul di Berlin. Para pelaku industri dari 180 negara di 5 benua, dengan 1.000 top buyers berkualitas, 10.000 peserta pameran, 160.000 pengunjung sedang berada di ibu kota Jerman ini. Mereka pasti sudah hadir H-1 dan selain mempersiapkan pameran, juga eksplorasi destinasi wisata di kota Berlin.

“Nah, bus-bus pariwisata atau untuk sigh seeing itu keliling Kota Berlin, dari satu destinasi ke destinasi lain. Lewat Check Point Charlie, Tauentzienstrabe, Lustgarten, East Side Gallery, Strausberger Platz, Mauerpark, Hauptbahnhof, Brandenburg Tor, Siegessaule. Itu adalah titik-titik iconic di tempat berkumpulkan wisatawan,” kata Menpar Arief Yahya.

Cara ini sudah dilakukan Arief Yahya sejak EURO Cup 2016 di Prancis. Seolah-olah Wonderful Indonesia mensponsori Piala Eropa, salah kompetisi antar Negara Eropa yang paling dinanti selama 4 tahunan. Jutaan orang berkumpul di Paris, maka bus-bus pariwisata yang keliling Kota Eiffel itu juga dibranding Wonderful Indonesia.

“Foto-fotonya juga viral dan menjadi trending topic,” sebut Arief Yahya.

Hal serupa juga dilakukan saat World Cup 2018, Piala Dunia yang dilangsungkan di Moskow dan Saint Petersburg, Rusia. Bus-bus yang keliling untuk pariwisata juga dibungkus dengan logo dan desain gambar Pesona Indonesia.

“Sama, menjadi bahan perbincangan public di netizen, dan jadi trending topic,” ungkap Arief Yahya, yang selalu menggunakan “serangan darat” ada wujud fisiknya, dan “serangan udara” ada interaksi di media sosial dan media online.

Di pameran yang bertitel Internationale Tourismus-Börse Berlin 2019 ini, diperkirakan akan ada transaksi 7 Bilion Euro. Proyeksi Indonesia diperkirakan naik menjadi Rp 10 Triliun, dari tahun 2018: Rp 9,8 T, tahun 2017: Rp 8,6T, dan tahun 2016: Rp 6,5T.

Semalam, Menpar Arief Yahya bersama Duta Besar RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, hadir di Opening Ceremony ITB Berlin 2019 di City Cube Berlin. Lebih dari 3500 tamu undangan hadir. Kebetulan yang menjadi Partner Country-nya Malaysia, dan mereka memilih tema Colour of Malaysia, Successful Travel is in Our Nature.

Deputi Pengembangan Pemasaran II Kemenpar, Nia Niscaya yang mendampingi Menpar Arief Yahya dan Dubes Arif Havas Oegroseno menjelaskan tahun 2013 lalu, Indonesia partner country di opening ceremony. Setiap tahun digilir, ditawarkan, dan sudah diumumkan setahun sebelumnya.

“Keuntungannya, branding selama setahun sebelum ITB Berlin, semua platform promosi ITB Berlin, partner negara itu mengikuti terus,” jelas Nia Niscaya. Setelah Indonesia hadir di 2013, disusul Meksiko 2014, Mongolia 2015, Maldive 2016, Botswana 2017 dan Mecklenburg-Vorpommern 2018.

ITB Berlin adalah pameran bisnis terkemuka untuk penawaran wisata global. Perusahaan yang diwakili dalam pameran tersebut meliputi hotel, tempat wisata, operator tur, penyedia sistem, maskapai penerbangan, dan perusahaan penyewaan mobil, dalam bahasa umum, yang terkait dengan 3A, Atraksi, Akses dan Amenitas.

Adapun tokoh-tokoh yang memberi sambutan malam itu adalah CEO Messe Berlin Dr. Christian Göke, Walikota Berlin Michael Müller, President German Travel Assosiation (DRV) Norbert Fiebig, Sekjen UNWTO Zurab Pololikashvili, Minister of Tourism, Arts and Culture Malaysia : YB Datuk Mohamaddin bin Ketapi.

Sedang tim Wonderful Indonesia yang dipimpin langsung oleh Menpar Arief Yahya dan didampingi Duta Besar RI Havas Oegroseno, adalah Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata II, Nia Niscaya, Stafsus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardono, Ketua Tim Percepatan 10 Bali Baru Hiramsyah S. Thaib, dan Asisten Deputi Pemasaran II Wilayah Eropa Agustini Rahayu.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3911488/sambut-itb-berlin-2019-bus-bus-wonderful-indonesia-kuasai-ibu-kota-jerman

No comments:

Post a Comment