Pages

Monday, May 6, 2019

Cegah Lemas, Perhatikan Kualitas Tidur saat Puasa Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Satu hal yang rentan terjadi di masa puasa Ramadan adalah lemas atau lelah. Tidur, adalah cara terbaik untuk mencegah hal itu mengganggu produktivitas.

Praktisi kesehatan tidur, dokter Andreas Prasadja, mengatakan bahwa kualitas tidur memiliki pengaruh dengan keinginan makan seseorang. "Otak yang kurang tidur itu akan jadi rakus dan mencari zat yang rasanya asin, manis, dan gurih," tulisnya dalam cuitannya di akun Twitter @prasadja.

Apabila ingin berat badan tetap stabil selama puasa, Anda harus menjaga kualitas tidur agar tidak rakus saat berbuka.

Ketika dihubungi Health Liputan6.com pada Senin (6/5/2019) dokter yang berpraktik di Snoring & Sleep Disorder Clinic Pondok Indah, Jakarta ini mengatakan ketika seseorang kurang tidur, metabolisme tubuh terganggu.

Jelas, ini berpengaruh pada kadar gula darah, tekanan darah, hingga kolesterol. Apalagi pada mereka yang memiliki masalah-masalah tertentu seperti diabetes atau hipertensi. Bulan puasa bisa menjadi momen yang menyulitkan untuk mereka.

"Sebenarnya gula, tekanan darah, dan kolesterol, lebih mudah untuk dikontrol jika tidur diperhatikan," ujar Andreas menjelaskan.

Sehingga, tidak hanya asupan makanan dan olahraga yang harus diperhatikan di bulan Ramadan. Kualitas tidur haruslah dijaga.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3958540/cegah-lemas-perhatikan-kualitas-tidur-saat-puasa-ramadan

No comments:

Post a Comment