Pages

Sunday, January 6, 2019

Indonesia Dilanda El Nino Awal Tahun, KLHK Siapkan Antisipasi Karhutla

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Langkah itu diambil sejak awal tahun, setelah BMKG memprediksi El Nino moderat pada Januari sampai dengan Februari 2019.

"El Nino moderate di wilayah Indonesia akan terjadi pada awal Januari hingga Februari 2019, dan perlu dilakukan antisipasi sejak dini," kata Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Ruandha Agung Sugardiman dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin (7/1/2019).

El Nino merupakan fenomena iklim yang berdampak pada kemunculan suhu panas. KLHK mengandalakan kesiapsiagaan pencegahan karhutla kepada Manggala Agni, yang punya nama lain Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK Raffles B. Panjaitan mengatakan, Manggala Agni siaga melakukan berbagai upaya pencegahan maupun pemadaman dini pada areal-areal yang terjadi kebakaran.

"Saat ini cukup panas dan angin kencang menjadi pemicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan seperti di wilayah Kabupaten Dumai, Provinsi Riau," ujar Raffles, seperti dilansir Antara.

Selain itu, menurut dia, memasuki hari keempat kerja di 2019, Manggala Agni terus melakukan pemadaman pada lahan terbakar di Desa Mamugo, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir.

Jenis tanah gambut menyulitkan pemadaman api karena titik panas berada di bawah permukaan tanah. Manggala Agni melakukan patroli-patroli pencegahan di wilayah rawan kebakaran.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/news/read/3864556/indonesia-dilanda-el-nino-awal-tahun-klhk-siapkan-antisipasi-karhutla

No comments:

Post a Comment