Pages

Sunday, January 6, 2019

Penduduk China Mencapai 1,44 Miliar Jiwa pada 2029, dan Turun Drastis Setelahnya

Liputan6.com, Beijing - Sebuah studi kependudukan menyebut bahwa China akan mencapai populasi tertingginya pada 2029, yakni sebanyak 1,44 miliar jiwa, sebelum memulai periode penurunan usia produktif "yang tidak terhenti".

Studi Akademi Ilmu Sosial Tiongkok (CASS) mengatakan, China perlu segera menerapkan kebijakan mengatasi menurunnya jumlah tenaga kerja, di tengah ancaman peningkatan populasi tua dalam beberapa tahun mendatang.

Dikutip dari BBC pada Minggu (6/1/2019), kedua isu terkait dapat menyebabkan "konsekuensi sosial dan ekonomi yang sangat tidak menguntungkan," kata laporan itu.

Adapun jumlah penduduk China saat ini, menurut laporan terakhir oleh PBB, mencapai angka 1,41 miliar jiwa.

Studi CASS itu juga menyebut bahwa jumlah populasi usia aktif yang stagnan, berpadu dengan tingkat kesuburan yang rendah, akan menyebabkan lebih banyak masalah pada isu kesejahteraan sosial.

Pada pertengahan Abad ke-21, populasi China diperkirakan akan turun menjadi 1,36 miliar, yang juga dibarengi dengan rendahnya angka usia kerja hingga mendekati 200 juta orang.

Jika tingkat kesuburan tetap rendah, kata laporan itu, jumlah penduduk China bisa turun menjadi 1,17 miliar jiwa pada 2065 mendatang.

Studi ini juga memperkirakan kenaikan tingkat ketergantungan, yang merujuk pada proporsi penduduk tidak bekerja seperti orang tua dan anak-anak.

Sementara melonggarkan kebijakan satu anak akan berdampak positif dalam jangka panjang, namun dalam skala waktu yang lebih pendek, hal itu justru akan menciptakan peningkatan jumlah tanggungan, menurut laporan itu.

Perkiraan sebelumnya menunjukkan populasi lansia China bisa mencapai 400 juta jiwa pada 2035, naik dari 240 juta pada 2017.

Simak video pilihan berikut: 

Setelah menceritakan kisahnya kepada 17.000 penumpang, Sopir asal China ini berhasil menemukan anaknya yang telah hilang selama 24 tahun.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3864251/penduduk-china-mencapai-144-miliar-jiwa-pada-2029-dan-turun-drastis-setelahnya

No comments:

Post a Comment