Pages

Sunday, January 6, 2019

Trans Jawa Tersambung, Bisnis Angkutan Darat Diharap Kembali Menggeliat

Di samping ekonomi lokal, dengan waktu tempuh lebih singkat serta berkurangnya biaya operasional, kawasan industri baru bisa tersebar di banyak daerah. Antara lain di Kabupaten Pemalang, Semarang, Kendal, Klaten, dan Sidoarjo. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, manfaat dari terbangunnya Tol Trans Jawa ini tidak hanya menjadi jalur penghubung transportasi antar kota, tetapi dapat diintegrasikan dengan kawasan industri. Sehingga mendukung peningkatan daya saing produk Indonesia di pasar global.

"Tol Trans Jawa akan memperlancar jalur logistik. Sehingga vendor, misalnya di Sidoarjo tidak perlu mendirikan pabrik di Karawang supaya bisa dekat dengan pabrik utama," kata dia dalam sebuah keterangan tertulis, Rabu (2/1/2019).

Dia juga menceritakan laporan,  sebelum Tol Trans Jawa tersambung hingga Jawa Timur pengiriman logistik hanya dilakukan satu hari sekali. Setelah adanya tol ini dapat melakukan pengiriman barang sebanyak tiga kali per hari.

“Tol Trans Jawa akan memangkas biaya angkutan logistik dan mengurangi waktu tempuh pengiriman barang (delivery time). Dengan kepastian waktu tempuh, investor dapat membuat perhitungan business plan lebih matang sehingga terbuka lapangan pekerjaan di sekitar pusat perindustrian di setiap daerah," pungkasnya. 

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3864227/trans-jawa-tersambung-bisnis-angkutan-darat-diharap-kembali-menggeliat

No comments:

Post a Comment