Pages

Sunday, January 6, 2019

Utusan PBB Kunjungi Yaman untuk Selamatkan Gencata Senjata di Hodeidah

Liputan6.com, Sana'a - Utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, diperkirakan segera bertemu dengan pejabat Houthi di ibukota Sanaa, pada pekan ini. Dia ditugaskan untuk membahas langkah-langkah perbaikan gencatan senjata yang rapuh di Hodeidah, kota pelabuhan strategis yang berkecamuk konflik.

Griffiths dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Houthi mengenai gencatan senjata pada akhir pekan nanti, sebelum bertemu dengan Patrick Cammaert, seorang pensiunan jenderal Belanda, yang mengepalai tim pemantau gencatan senjata di Hodeidah

Dikutip dari Al Jazeera pada Minggu (6/1/2019), utusan PBB itu kemudian diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi dan pejabat senior pemerintah lainnya.

Menurut kantor berita AFP, kunjungan Griffiths ke Arab Saudi akan berupaya menyatukan pihak-pihak yang bertikai untuk bertemu selambat-lambatnya pada akhir Januari.

Adapun lokasinya, kemungkinan besar dilakukan di Kuwait, guna menindaklanjuti "kemajuan" yang dibuat pada pembicaraan bulan lalu di Swedia.

Di bawah kesepakatan di Swedia, yang merupakan terobosan signifikan pertama dalam upaya perdamaian sejak perang meletus pada 2014, Houthi diharapkan menyerahkan kendali pelabuhan Hodeidah, Saleef dan Ras Isa, kepada "pemerintah setempat sesuai dengan hukum Yaman".

Namun, kedua belah pihak tidak setuju atas pasal-pasal yang tercantum dalam perjanjian tersebut.

Di satu sisi, pemerintah Yaman menafsirkan bahwa otoritas pelabuhan harus diserahkan kepada para pejabat resmi terkait, sebelum Houthi merebut kota Hodeidah pada akhir 2014.

Sementara itu, Houthi menegaskan kesepakatan itu mengacu pada para pejabat yang saat ini menjalankan pelabuhan, di mana berarti adalah sekutu mereka.

Simak video pilihan berikut: 

Perang sipil di Yaman telah mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi negara itu. Bencana kelaparan diproyeksi akan melanda negeri ini.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3864265/utusan-pbb-kunjungi-yaman-untuk-selamatkan-gencata-senjata-di-hodeidah

No comments:

Post a Comment