Pages

Thursday, April 4, 2019

Harga Bawang Melonjak, Kementan Gelar Operasi Pasar di Kramat Jati

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura menggelar operasi pasar untuk produk bawang merah dan bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta. Dalam operasi pasar ini, bawang merah diberi harga Rp 20 ribu per kg, sedangkan bawang putih dikenakan harga Rp 18 ribu per kg.

Kepala Subdirektorat Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Wiwi Sutowo menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk menstabilkan harga bawang merah dan bawang putih yang sempat melonjak di pasaran.

"Ini untuk menstabilkan harga kemarin. Sekarang kan musim hujan, petani panennya jadi mundur," ujar dia di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Adapun dalam kesempatan ini, Kementerian Pertanian menyiapkan dua unit truk yang masing-masing membawa 7 ton bawang merah dan bawang putih, atau setara 350 karung yang tiap karungnya seberat 20 kg.

Selain di Jakarta, Kementan juga melakukan operasi pasar untuk produk bawang merah dan bawang putih di Surabaya, dengan besaran stok yang disediakan sekitar 24 ton.

Wiwi meneruskan, Kementan mempersilakan masyarakat atau pihak pedagang yang hendak membeli bawang merah dan bawang putih pada operasi pasar kali ini. Dengan syarat, masing-masing orang dibatasi pembeliannya sebanyak 5 karung.

"Kita laksanakan operasi pasar untuk masyarakat atau pedagang yang mau mendaftar. Maksimal 5 karung per orang. Nanti akan dicatat sebelum mendapatkan barang, nomor handphone-nya berapa, harus jelas alamatnya. Nanti itu semua akan dicatat," tegasnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3934404/harga-bawang-melonjak-kementan-gelar-operasi-pasar-di-kramat-jati

No comments:

Post a Comment