Pages

Friday, June 7, 2019

Menhub: Angka Kecelakaan Mudik Turun 62 Persen

Sebelumnya, pengamat transportasi Djoko Setijowarno menilai pemerintah cukup berhasil menyelenggarakan mudik aman dan lancar pada Lebaran tahun ini. Itu dibuktikan dengan turunnya angka kecelakaan lalu lintas selama periode mudik 2019.

Selama H-7 hingga H-3 Lebaran, data angka kecelakaan dari Korlantas Polri menyebutkan terjadi 703 kejadian (2018) menjadi 284 kejadian (2019) atau terjadi penurunan sebesar 60 persen.

"Salah satu indikator keberhasilan penyelenggaran mudik ialah menurunnya angka kecelakaan lalu lintas," terangnya seperti ditulis, Kamis, 6 Juni 2019.

Dia menambahkan, menurunnya angka kecelakaan dapat diartikan dengan meningkatnya kesadaran berlalu lintas, ketersediaan infrastruktur yang makin membaik dan penetapan sejumlah strategi manajemen rekayasa lalu lintas yang diterapkan.

"Dapat dikatakan tahun ini lebih nyaman ketimbang tahun lalu. Juga ternasuk kesiapan jalan nasional, provinsi dan kabupaten serta kota yang semakin membaik yang dilengkapi rambu, marka dan penerangan jalan umum," ujarnya.

Sementara itu, Tol Trans Jawa kini juga sudah terhubung dari Merak hingga Probolinggo dan bercabang hingga Malang. Meski Tol Trans Sumatera kini belum terhubung penuh, namun sudah dapat digunakan hingga Palembang dari Bakauheni dan dapat membantu pemudik yang tidak mampu beli tiket pesawat dari Jakarta ke Palembang

"Waktu tempuh hingga ke Solo dan sekitarnya, dua tahun lalu minimal 30 jam. Sejak tahun lalu sudah bisa 10 jam. Untuk kondisi normal hanya sekitar 7 jam menggunakan Tol Trans Jawa," paparnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3984871/menhub-angka-kecelakaan-mudik-turun-62-persen

No comments:

Post a Comment