Pages

Wednesday, October 3, 2018

Rosmah Mansor Didakwa 17 Tuntutan Terkait Korupsi 1MDB

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Istri mantan perdana menteri Najib Razak, Rosmah Mansor, telah resmi didakwa dengan 17 tuntutan --termasuk pencucian uang-- oleh otoritas hukum Malaysia pada Kamis, 4 Oktober.

Seluruh dakwaan tersebut merupakan buntut dari perluasan penyelidikan Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) terhadap skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad bernilai miliaran dolar AS. Dikutip dari South China Morning Post pada Kamis (4/10/2018), Rosmah Mansor tetap bersikeras tidak bersalah atas semua dakwaan tersebut.

Dengan mengenakan baju kurung bermotif bunga warna jingga dan jilbab senada, Rosmah Mansor menghadap ke pengadilan untuk sidang pembacaan dakwaan pada 4 September 2018 pagi, setelah menghabiskan malam di sel tahanan Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) sejak 3 Oktober 2018 sore waktu setempat.

Ketujuh belas tuduhan itu dijatuhkan dua pekan setelah suaminya, Najib Razak, yang digulingkan dalam pemilu Mei lalu, didera 25 dakwaan lebih lanjut terkait skandal 1MDB.

Najin Razak Juga Menghadap ke Pengadilan

Pada hari ini (4/10), Najib Razak juga menghadap ke pengadilan Kuala Lumpur sekitar setengah jam setelah istrinya, guna menghadiri sidang dengar perkara. Ia tampak riang dan berhenti untuk menyapa para reporter yang ditempatkan di luar gedung pengadilan.

Najib terancam dijebloskan ke dalam penjara, dan Jaksa Agung Malaysia Tommy Thomas bisa lebih jauh memperluas jaring penyidikannya kepada anggota keluarga, dan juga mantan kolega UMNO.

Sebelumnya, pengacara Najib, Shafee Abdullah, dituduh melakukan pencucian uang dan penggelapan pajak. Bersamaan dengannya, pemimpin UMNO saat ini, Abdul Azeez Abdul Rahim, ditangkap sehubungan dengan tuduhan suap dan pencucian uang.

Dr Awang Azman, seorang profesor di Akademi Studi Malaya Universitas Malaya, mengatakan penangkapan terakhir adalah tanda bagi kepemimpinan UMNO untuk melangkah hati-hati, terutama jika mereka terlibat dalam penyedotan dana negara.

Menurut Dr Awang, penahanan Rosmah Mansor tidak dilakukan terburu-buru, melainkan butuh waktu hingga 140 hari.

"Ini adalah realisasi janji Mahathir untuk memastikan aturan hukum diimplementasikan sesuai prosedur. Secara politik, tidak hanya menempatkan tekanan pada anggota-anggota UMNO berprofil tinggi, atau individu-individu terkait seperti Najib, Shafee Abdullah, dan Azeez Rahim, hal ini juga merupakan pesan kepada para pemimpin lainnya untuk lebih berhati-hati dalam tindakan dan keputusan politik mereka," jelas Dr Awang.

Simak video pilihan berikut: 

Polisi Malaysia berhasil mengungkap koleksi ratusan tas mewah dengan label Hermes milik Rosmah Mansor, yang merupakan istri Najib Razak.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3658940/rosmah-mansor-didakwa-17-tuntutan-terkait-korupsi-1mdb

No comments:

Post a Comment